Tips n Tricks

Periksa 7 Hal Ini Saat Smartphone Anda Tiba-tiba Mati

#tips #trik #smartphone #mati – Lemot pada smartphone mungkin sudah biasa, lalu bagaimana jika smartphone Anda tiba-tiba mati, Anda mungkin akan kebingunan ? Jika hal ini sampai terjadi jangan panik, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan

Periksa Layar Smartphone Anda  Terlebih Dahulu

Ya, kasus yang paling sering terjadi adalah kerusakan layar, sehingga smartphone terkesan mati mendadak. Silakan cek  apakah lampu backlight dari tombol smartphone Anda menyala atau tidak.

Jika smartphone Anda tidak mempunyai tombol tersebut, Anda bisa mencoba cara kedua, yakni dengan mematikannya. Tahan tombol on/off lama untuk mematikan smartphone, lalu selang beberapa saat kembali tekan tombol on/off untuk menghidupkannya.

Apabila saat Anda merasakan getaran tanda booting awal smartphone layar masih tetap mati, mungkin sudah saatnya mengganti layar.

Smartphone Pernah Terjatuh Ke Dalam Air

Jika hal ini pernah terjadi, mungkin karena konsleting pada bagian dalam smartphone. Segeralah copot semua bagian smartphone dan keringkan.

Sebelumnya Smartphone Lemot

Jika sebelum mati, mendadak smartphone Anda terasa lemot. Hal ini mungkin terjadi karena kerusakan software atau sistem operasi Android Anda. Biasanya terjadi pada smartphone yang sering di oprek atau root.

Agar hal ini tidak terjadi sebaiknya pindah dulu data-data penting dari smartphone kemudian lakukan restart atau flashing. Disarankan untuk melakukan factory reset agar smartphone kembali seperti semula.

Hanya Logo Android Hijau Yang Terlihat

Nah, inilah yang dinamakan bootloop. Biasanya terjadi setelah update OS Android baru atau ganti ROM. Segeralah factory Reset.

Baterai Bocor

Jika terdapat cairan atau bekas karat pada baterai smartphone Anda, kemungkinan besar baterai smartphone Anda bocor. Segeralah ganti baterai smartphone Anda, jika tidak, cairan akan masuk kedalam smartphone dan rusak total.

Sudah Lama Tidak Di Charge

Hal sepele, namun banyak pengguna yang tidak mengerti. Smartphone yang sudah lama tidak discharge butuh waktu beberapa menit untuk bisa hidup kembali.

Periksa Charge Anda

Bila smartphone sudah dicharge namun tetap mati, mungkin masalah tidak terdapat di smartphone, melainkan di charger. Cobalah untuk mengganti charger smartphone Anda. Nah, untuk mengetes apakah charger yang rusak, Anda bisa menghubungkan smartphone dengan komputer.

 

 

 

Countributor: Wieke

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close