Tips n Tricks

Move On Dong Masih Aja Lakuin hal Ini Saat Nge-Charger Smartphone.

#tips #smartphone #ngecharger #moveon – Memang kita tidak lepas dari namanya Smartphone, tapi Smartphone juga memiliki kecanggihan dan kebanyakan Smartphone tidak hanya untuk SMS dan Telepon saja, tapi bisa digunakan sepintar mungkin. Ya namanya juga smartphone pasti memerlukan daya extra dan rakus soal daya baterai.

Untuk itu kalian musti move on dari kebiasaan mencharge seperti ini, karena dapat merusak baterai smartphone kamu.

1. Stop kebiasaan pakai powerbank

Perangkat baterai portabel (powerbank) sering kali menjadi penyelamat saat baterai smartphone “sekarat”. Namun, banyak pengguna yang sering kali mengisi daya lewat powerbank meski tidak sedang darurat dan sebenarnya memungkinkan menggunakan perangkat charger.

Hentikan kebiasaan nge-charge smartphone seperti itu. Keseringan menggunakan powerbank bisa membuat daya tahan baterai smartphone berkurang.

2. Stop pakai sembarang charger

Perangkat charger smartphone dan tablet Android memiliki bentuk yang seragam sehingga sering dipakai bergantian untuk semua perangkat. Padahal, tiap perangkat memiliki charger dengan spesifikasi khusus yang disesuaikan dengan jenis perangkat dan kapasitas baterainya. Charger perangkat tablet biasanya memiliki ukuran ampere yang lebih besar. Charger yang tidak sesuai spesifikasi secara perlahan akan mengurangi kinerja baterai smartphone.

3. Stop nge-charge semalaman

Kondisi ekstrim berbahaya bagi kesehatan baterai smartphone. Men-charge terus smartphone yang sudah penuh dalam waktu lama tidaklah baik. Yang sering dilakukan adalah men-charge ponsel semalaman. Smartphone terkini memang sudah dilengkapi dengan fitur overharge protection yang menjaga baterai berhenti diisi saat penuh.

 

Dan paling penting soal baterai smartphone itu selanjutanya seperti ini…..

4. Stop kosong kelamaan

Membiarkan baterai benar-benar kosong lebih tak baik lagi. Jika sering seperti ini, maka ketahanan baterai akan perlahan menurun. Alasannya, jika baterai benar-benar dalam keadaan kosong, sel baterai akan “tidur”. Jika tak cepat-cepat “dibangunkan”, kemungkinan terburuknya sel tersebut bakal kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian.

5. Stop berharap baterai bisa hidup selamanya

Manusia saja hidup hanya sementara, apalagi baterai smartphone. Faktanya, setiap tahun ketahanan baterai bakal semakin menurun. Walau pengguna telah merawat baterai dengan benar, setiap baterai punya umur.

semoga bermanfaat. jangan lupa move on yah.

 

 

sumber : berbagai sumber lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close