Jangan Salah Pilih, Ternyata Ini Tips Berburu Kurma yang Sehat dan Segar

  • Whatsapp
Jangan Salah Pilih, Ternyata Ini Tips Berburu Kurma yang Sehat dan Segar


SURATKABAR.ID – Kurma menjadi salah satu makanan yang banyk dipilih saat puasa. Rasa manis yang terkandung pada kurma diketahui mampu mengembalikan stamina pada tubuh setelah seharian berpuasa. Bukan hanya itu, pasalnya mengonsumsi tiga butir kurma sebagai pembuka buka puasa juga menjadi bagian dari ibadah yang bernilai pahala.

Tak heran kalau semenjak menjelang puasa, permintaan kurma di pasaran semakin meningkat. Penjual pun mulai banyak menyediakan beragam jenis kurma mulai dari yang paling bagus hingga kurma campuran yang diberi pemanis buatan.

Kasus kurma palsu, atau kurma dengan kualitas rendah yang modifikasi menjadi semenarik mungkin dan dijual dengan harga tinggi memang menjadi fenomena yang kerap ditemui di pasar. Nah, untuk menghindari kekeliruan saat membeli kurma maka diperlukan trik cerdas agar tidak tertipu.

Melansir dari liputan6.com,  banyaknya kurma yang dijual di pasar, maka wajib bagi konsumen untuk mengetahui tips memilih kurma yang baik dan segar. Nah, kira-kira apa saja tips dan trik untuk memilih kurma yang sehat dan segar? Yuk simak ulasannya!!

Baca Juga: Bukan Tanpa Sebab, Ini Alasan Kurma Dianjurkan untuk Buka Puasa 

1. Tampilan fisik kurma

Tips memilih kurma pertama adalah memperhatikan tampilan fisik kurma. Kurma yang sudah dikeringkan biasanya memang sedikit basah karena cairan gulanya mengalir keluar. Namun, permukaan kurma tidak akan menjadi lengket ataupun keras. Kurma yang basah atau lengket tersebut biasanya telah ditambahkan dengan pemanis seperti madu atau sirup gula.

2. Warna kurma

Umumnya kurma memiliki warna merah, kuning, dan coklat hingga kehitaman. Biasanya, kurma yang baik adalah kurma yang warnanya merata dan tidak memiliki bagian bagian yang rusak.

3. Kemasan kurma

Usahakan memilih kurma dengan kemasan yang masih tertutup rapat dan memperhatikan tanggal kedaluwarsanya.

4. Ukuran Kurma

Pada umumnya ukuran satu buah kurma adalah setengah ibu jari orang dewasa atau 7,1 gram. Nah, konsumen juga haru membatasi konsumsi kurma supaya jangan sampai melebihi 40 gram setiap harinya dengan alasan agar terhindar dari diabetes.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Jadi Menu Pilihan Saat Buka Puasa, Yuk Simak Tips Berburu Kurma yang Sehat dan Segar

 





Source link

Pos terkait