Enam Tips Interview Kerja, Nomor Lima Bikin Melongo

  • Whatsapp
Enam Tips Interview Kerja, Nomor Lima Bikin Melongo
Enam Tips Interview Kerja, Nomor Lima Bikin Melongo

No ratings yet.

Muat Lebih

CIANJURTODAY.COM – Sering meerasa gugup gak sih kalau mau interview kerja? Pasti bikin gugup ya, karena di sini adalah penentuan lanjut atau tidaknya kita saat melamar pekerjaan.

Melamar pekerjaan sama sulitnya kayak melamar doi nih, tapi interview kerja gak bakal segugup waktu nemuin calon mertua. Nah ada beberapa tips interview kerja untuk kamu perhatikan.

1 Datang Tepat Waktu

Tahu gak sih datang terlalu cepat saat interview, ternyata gak sebaik yang kamu kira?

Banyak calon pekerja yang berinisiatif datang satu atau dua jam lebih awal agar terlihat rajin atau takut terlambat.

Tetapi sebenarnya sikap seperti itu bisa mengganggu HRD yang akan mewawancarai kita, yang sedang melakukan urusan lain.

Cobalah datang 15 menit sebelumnya karena sesuatu yang datang di waktu yang tepat, biasanya berujung indah kayak jodoh.

2 Gunakan Pakaian Sopan dan Sederhana

Etika berpakaian juga harus diperhatikan nih! Pakailah pakaian resmi dan sopan, jangan terlalu berlebihan dengan menggunakan warna yang mencolok dan aksesoris yang banyak. Perilaku seperti itu akan membuat pandangan HRD  kurang baik terhadap kita.

3 Jangan Simpan Barang Apapun

Para calon pekerja biasanya suka khilaf nih menyimpan tas dan handphone di atas meja.

Padahal perilaku seperti itu sangat dinilai tidak sopan oleh HRD. Kamu harus bisa bersikap sangat memprioritaskan kegiatan interview ini, agar HRD melihat kesungguhan kamu untuk bekerja di perusahaannya.

4 Persiapkan Berkas dengan Rapi

Syarat melamar pekerjaan adalah dengan menyiapkan beberapa berkas. Meskipun sekarang sudah sering dilakukan lewat email, tetapi tidak ada salahnya jika kamu membawa lagi berkas yang dibutuhkan saat interview. Pastikan kamu membawanya dengan rapi menggunakan map.

5 Matikan HP Saat Berdering

HP berdering di sela-sela interview akan menjadi hal yang paling sensitif. Saat ponsel berdering, HRD akan menganggap bahwa kamu tidak menganggap penting kegiatan interview ini.

Pastikan HP kamu mati atau dalam keadaan silent saat interview berlangsung. Perhatikanlah apa yang ditanyakan HRD kepadamu. Jangan sampai fokus ke ponsel, karena HRD juga butuh perhatian.

6 Jangan Gunakan Bahasa Tangan Terlalu Banyak

Siapa nih yang kebiasaan kalo ngomong tangannya sambil gerak-gerak? Nah saat interview coba dihilangkan kebiasaan ini, karena akan sangat mengganggu dan membuat HRD merasa terintimidasi. Cobalah berbicara dengan tenang dan jelas.

Itu dia enam etika dan tips saat interview yang baik. Semoga interview kerja anda berhasil! (ct2)



Artikel ini telah lebih dulu tayang di
SITUS INI

Pos terkait