Tips n Tricks

Apa itu NAND Flash Memory

#Memory #NandFlash #Penyimpanan #Smartphone – NAND Flash Memory adalah sebuah Memori kilat (flash memory) sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak atau RAM, memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. memori, USB flash drive, pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.
A) Teknologi penyimpanan yang digunakan pada NAND Flash Memory adalah :
Penyimpanan yang bersifat Non-Volatile, artinya dapat menyimpan data secara permanen dan memiliki teknologi digital seperti RAM sehingga berkecepatan tinggi.

B) Arsitektur media penyimpanan yang digunakan pada NAND Flash Memory terdapat pada chip memori flash NAND mempunyai dua tingkat struktur hirarkis. Pada tingkat terendah, bit disusun ke dalam pages/ halaman, biasanya masing-masing 2 KB. Pages/ halaman adalah unit dari read and write dalam NAND flash.

C) Sistem kerja (proses baca dan tulis) media penyimpanan yang digunakan pada NAND Flash Memory adalah : Dalam proses membaca dan menulis data dilakukan di unit halaman seperti blok lain devices seperti hard disk.

Namun, ada perbedaan besar antara NAND flash memori dan disk lainnya seperti block device. Artinya, waktu akses dari flash NAND memori yang sangat cepat dan seragam sedangkan disk jauh lambat dan tidak teratur. Dan dalam rangka untuk memulai sebuah operasi I/O, sebuah perintah menetapkan pages ID yang dikirim ke memori flash controller, yang menetapkan waktu setup tetap berkaitan dengan pelepasan jumlah bit yang harus dibaca atau ditulis. Dengan demikian, bit berikutnya dalam halaman yang dipilih saat ini dapat dibaca.

 

Contributor : Rifai

Sumber : –

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close