Apa itu Gyroscope?

  • Whatsapp
gyroscope

#Gyroscope #GyroSensor #Smartphone – Pada kesempatan ini Mantapps Tips mau berbagi sedikit pengetahuan mengenai Apa itu Gyroscope?

Apa itu gyroscope?
gyroscope atau Gyro adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, dengan prinsip ketetapan momentum sudut. Mekanismenya adalah sebuah roda berputar dengan piringan didalamya yang tetap stabil. gyroscope dahulu sering digunakan pada robot atau heli dan alat-alat canggih lainnya namun sekarang perangkat smartphone pun tak mau kalah dan mulai menggunakannya..
Gyroscope adalah untuk menentukan orientasi gerak dengan bertumpu pada roda atau cakram yang berotasi dengan cepat pada sumbu.Jadi bagaimana dengan Giro sensor? Gyro sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna. kamu bisa membayangkan sebuah game pertempuran, sebelum ada gyroscope bila kita ingin melihat situasi sekeliling, kita akan menyapu layar searah terus menerus untuk berputar, tetapi dengan menggunakan gyro sensor ini kamu cukup berputar sesuai gravitasi seperti benar-benar melihat sekeliling. Atau bila melihat sebuah obyek 3D kamu cukup berputar untuk melihat setiap sudut obyek tersebut. Tentu ini adalah sebuah metode yang menghasilkan pengalaman yang terlihat lebih nyata. apalagi kamu memainkannya menggunakan alat yang namanya vr glasses bisa membuat kamu seolah sedang berada dalam permainan itu.

Muat Lebih

Bagaimana Prinsip kerja Gyroscope ?
Gyro sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna.
Gyroscope pada penelitian ini digunakan untuk mengukur sumbu rotasi roket. Sebelum digunakan, sensor gyroscope terlebih dahulu dilakukan proses kalibrasi dengan menggunakan bandul. Proses kalibrasi tersebut berfungsi untuk memperoleh nilai faktor kalibrasi. Gyroscope memiliki keluaran berupa kecepatan sudut dari arah 3 sumbu yaitu: sumbu x yang nantinya akan menjadi sudut phi (kanan dan kiri) dari sumbu y nantinya menjadi sudut theta (atas dan bawah), dan sumbu z nantinya menjadi sudut psi (depan dan belakang).

Kegunaan dari gyroscope pada pengembangan teknologi & Smartphone yaitu:

1. Di masa lalu, gyro telah digunakan untuk ruang navigasi, kontrol rudal, di bawah bimbingan-air, dan bimbingan penerbangan.
2. Sebuah gyro di sisi lain memiliki kemampuan mengukur tingkat rotasi di sekitar sumbu tertentu. Sebagai contoh jika giroskop yang digunakan untuk mengukur laju rotasi di sekitar sumbu gulungan pesawat terbang.
3. Penggunaan Gyro pada game antara lain untuk game pertempuran, sebelum ini bila kita ingin melihat situasi sekeliling, kita akan menyapu layar searah terus menerus untuk berputar, dengan gyro sensor ini kita cukup berputar sesuai gravitasi seperti benar-benar melihat sekeliling. Atau bila melihat sebuah obyek 3D kita cukup berputar untuk melihat setiap sudut obyek tersebut. Tentu ini adalah sebuah metode yang menghasilkan pengalaman seolah nyata.
4. Biasanya gyro yang digunakan untuk mengukur posisi sudut didasarkan pada prinsip kekakuan ruang gyroscope. Sekarang mereka mulai digunakan bersama akselerometer untuk aplikasi seperti gerak-capture dan navigasi kendaraan.

dibandingkan dengan accelerometer, gyroscope punya Kelebihan dan kekurangan antara lainnya adalah

1. Harganya yang mahal.
2. Hanya dapat digunakan jika ada accelerator.
3. Dapat mendeteksi gerakan dari segala arah.
4. Hasil gambar yg di hasilkan dari gerakan lebih halus/ tidak patah-patah seperti pada accelerometer.
5. Tidak di pengaruhi oleh gravitasi.

 

Contributor : Rifai

Sumber : Banyak sumber terkait

Pos terkait