Apa itu Factory Reset pada Android ?

  • Whatsapp
recovery

#Reset #Smartphone #Tips #Trik #AndroidTips – Kali ini MantappsTips akan memberikan penjelasan mengenai ” factory reset “ dimana tidak semua orang tau apa, kenapa dan untuk apa factory reset itu?

Apa itu Factory Reset?

Muat Lebih

Factory reset adalah suatu cara untuk mengembalikan software smartphone/tablet Android ke kondisi awal seperti baru keluar dari pabrik, sama seperti istilah Hard Reset pada perangkat handphone non Android.

Factory reset pada umumnya dapat menyelesaikan hampir semua masalah yang disebabkan oleh kerusakan software.Tentu dengan melakukan factory reset maka seluruh data dan aplikasi yang tersimpan pada memori internal akan terhapus.

Pada umumnya Factory Reset dapat dilakukan melalui menu Settings (pengaturan) -> Privacy (privasi) -> Factory data reset (reset data pabrik).

Namun ada kalanya smartphone kita berada pada kondisi tidak mau start atau tidak bisa masuk ke menu, maka untuk melakukan factory reset, harus melalui recovery mode.

Apa itu Recovery Mode?

Recovery Mode Android adalah suatu menu Android yang berguna untuk recovery atau memperbaiki kerusakan software Android.

Pada beberapa tipe smartphone, upgrade software dapat dilakukan langsung pada kondisi recovery mode.Tidak semua smartphone/tablet Android bisa masuk ke recovery mode, tapi pada beberapa tipe smartphone Android, hal ini dapat diatasi dengan menginstall recovery mode buatan pihak ketiga, seperti ClockwordMod recovery.

Recovery mode berguna bila smartphone/tablet Anda mengalami hal-hal sebagai berikut:

  1. Bila perangkat tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (atau disebut boot loop).

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan smartphone kita (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer)

  1. Bila perangkat dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar tidak mau disentuh (stag) atau tidak dapat masuk ke menu telepon/tablet.
  2. Bila kita lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  3. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara umum dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut ini : (tentunya segala resiko ditanggung anda sendiri)

Tahap 1: Masuk ke recovery mode

Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, Anda harus mematikan dulu smartphone/tablet anda, lalu nyalakan kembali dengan cara menekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (biasa nya tekan tombol vol Up + home + power namun tidak semua type HP itu sama) maka kita akan masuk ke dalam recovery mode.

Cara masuk recovery mode bisa berbeda-beda antara satu tipe smartphone dengan tipe lainnya (maksudnya ada perbedaan pada kombinasi tombol yang harus ditekan). Recovery mode tampilannya hanya berupa tulisan saja (Seperti kondisi DOS pada PC). Dan pada kondisi recovery mode, pada umumnya layar sentuh tidak berfungsi, jadi untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan tombol volume.

Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur “Wipe Data / Factory Reset” setelah itu restart handphone Anda.

Untuk kasus BootLoop, jika setelah dilakukan factory reset ternyata tidak menyelesaikan masalah (perangkat Android tetap tidak bisa masuk ke menu), maka untuk mengatasinya pada umumnya dengan cara melakukan flash firmware atau menginstall ulang sistem operasi handphone). Cara flash firmware tiap handphone atau tablet Android bisa berbeda-beda dari satu tipe dengan tipe yang lain. Bila Anda ingin melakukan flash firmware dan ingin mengetahui caranya, coba cari informasi melalui forum-forum Android, atau situs yang dapat dipercaya.

 

 

Contributor : Rifai

Sumber : –

Pos terkait