5 Tips Main Game Mobile Agar Baterai Tak Boros!

  • Whatsapp
5 Tips Main Game Mobile Agar Baterai Tak Boros!


Merdeka.com – Main game adalah aktivitas di smartphone yang sangat bergantung dengan kemampuan baterai. Tentu tak menarik jika di tengah bermain smartphone Anda kehabisan baterai, atau justru mati di tengah-tengah karena baterai terlalu panas.

Untuk menikmati game tanpa diganggu daya tahan baterai, ada beberapa tips sederhana. Sejumlah tips ini dijamin bisa membantu Anda menghemat baterai ketika bermain game.

Berikut 5 tips untuk menghemat baterai ketika bermain game, seperti yang dilansir dari Tekno Mantapps berikut ini.

1. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Cara pertama untuk menghemat baterai saat bermain game ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Cukup dengan mengaktifkan mode Power Saver Mode atau Battery Saver. Hampir semua smartphone memiliki fitur ini, meski di beberapa perangkat memiliki nama berbeda.

Oh iya, kemungkinan cara untuk mengaktifkan fitur ini di setiap smartphone pasti berbeda. Namun biasanya bisa diaktifkan di menu Pengaturan -> pilih Baterai -> kemudian Power Save Mode atau nama lain yang berfungsi untuk menghemat daya baterai.

2. Atur Grafis Game ke Mode Low

Langkah kedua yang bisa dilakukan, dengan mengubah pengaturan grafis game ke mode Low. Namun dengan mode ini, gamer memang tidak mendapatkan kepuasaan dibandingkan dengan grafis HD yang memukau ketika seperti bermain PUBG atau Ahspalt 8.

Sebenanrya sekalipun mengubah grafis ke mode Low, keseruan bermain game tidak akan terlalu berkurang.

Opsi lain, beberapa game seperti PUBG menyediakan pengaturan grafis medium jika Anda merasa pengaturan Low terlalu menganggu. Namun, menerapan grafis game ke yang paling rendah akan membuat baterai menjadi lebih awet dan ponsel tidak menjadi cepat panas.

3. Aktifkan Flight Mode

Ini merupakan trik yang juga cukup ampuh untuk membuat pengalaman bermain game menjadi lebih baik. Cara ini bisa digunakan ketika sedang push rank atau mengejar naik level dengan cepat saat bermain game.

Aktifnya Flight Mode plus WiFi (jika bermain game online di smartphone) saat bermain game, akan jauh membuat Anda menghemat baterai karena tidak akan menerima panggilan telepon atau SMS.

Ketika Flight Mode diaktifkan, maka jaringan seluler akan secara otomatis diblokir. Hal ini akan membuat jaringan lebih stabil, karena naik turunya sinyal atau jaringan internet seluler akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

4. Tutup Aplikasi Lain

Tips keempat adalah dengan menghentikan atau keluar dari semua aplikasi yang sedang dibuka. Bagi pengguna Android, adanya aplikasi yang berjalan di background akan sedikit berpengaruh terhadap performa ponsel.

Ketika tidak ditutup, maka sistem Android akan tetap bekerja di aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini akan tentunya berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

5. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Hal ini sebenarnya bukan rahasia lagi. Sudah banyak yang mengetahui tingkat kecerahan layar juga dapat memengaruhi daya tahan baterai. Semakin rendah tingkat kecerahannya, akan membuat baterai ponsel bertahan lebih lama.

Ketika membuat kecerahan layar di tingkat maksimal, Anda mungkin akan merasa lebih nyaman. Namun, hal ini justru membuat daya baterai menjadi lebih cepat habis.

Oleh sebab itu, cari tempat yang agak gelap ketika bermain game. Jadi, sekalipun tingkat kecerahan layar diturunkan, Anda tetap bisa memainkan game yang ada di ponsel dengan nyaman dan terang. Sekaligus, kecerahan layar yang rendah tidak akan merusak mata Anda.

Sumber: Tekno Mantapps
Reporter: Andina Librianty [idc]





Source link

Pos terkait