Kenal Lebih Dalam Sosok Pendiri 4G LTE

  • Whatsapp

#4G #LTE #KhoirulAnwar – Teknologi 4G LTE adalah teknologi yang banyak digunakan oleh produsen smartphone di seluruh dunia. Teknologi jaringan internet super cepat ini membuat proses transfer data lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan teknologi 3G yang selama ini banyak dikenal orang. Namun, apakah Anda tahu siapa penemunya?

Bukan orang asing seperti penemu-penemu teknologi biasanya, cikal bakal adanya teknologi 4G LTE adalah orang Indonesia. Khoirul Anwar adalah orang Indonesia penemu teknik transmisi wireless dengan 2 buah Fast Fourirer Transform (FFT) yang bermanfaat untuk sistem komunikasi broadband.

Laki-laki yang lahir di Kediri pada tanggal 22 Agustus 1978 ini adalah lulusan S1 Teknik Elektro ITB pada tahun 2000 dengan predikat cumlaude. Studinya, lalu berlanjut di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) hingga S3, dan diangkat menjadi asisten Profesor di school of Information Science, Japan Advanced Institute of Science and Technology(JAIST).

Selama menjalankan pendidikannya tersebut, Khoirul Anwar ini memperoleh sangat banyak penghargaan, seperti Best Paper of Conference di Indonesian Student Association (ISA) dan Best Paper Presenter for the track of Advanced Technology di International conference on Sustainability for Human Security (SUSTAIN) Kyoto.

Untuk prestasi penelitian, seperti yang kita tahu, bapak yang dikaruniai 4 orang ini pemilik hak paten dari sistem telekomunikasi berbasis 4G OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Melalui temuannya tersebut, Khoirul Anwar dinobatkan sebagai pembuat Paper terbaik untuk kategori Young Scientist di Institute of Electrical and Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC) di Taiwan.

Di Indonesia sendiri, teknologi 4G LTE telah mencakup banyak daerah, walaupun tiap daerah memiliki kecepatan internet yang berbeda-beda. Beberapa smartphone atau perangkat mobile lainnya juga mendukung tumbuhnya 4G LTE ini.

contributor : Eko

sumber : Dari berbagai sumber

Related posts