Apa Itu OTT ?

  • Whatsapp
ott-layanan-gratis-dilema-operator-indonesia

#other #telekomunikasi – Apa itu OTT ? OTT merupakan singkatan dari Over The Top yang jika diartikan  “di atasnya atas”.  OTT itu seperti apa ? Nah, kita lihat layanan seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain itu digolongkan sebagai para pemain OTT karena mereka melakukan pemasaran layanan mereka melalui jaringan operator telekomunikasi (Maksudnya, para pengguna harus menggunakan jaringan internet untuk mengaksesnya) tetapi mereka (Pemain OTT) tidak membayar sepeserpun ke operator yang bersangkutan.

Di Indonesia hal ini menjadi pembahasan soal OTT dimana bukannya mendukung jaringan operator malah minta layanan OTT di gratiskan jika akan mengakses layanan aplikasi OTT tersebut, Padahal, untuk mengakses layanan mereka, dibutuhkan jumlah bandwith yang secara tidak langsung juga menyedot kapasitas jaringan milik operator dan berakibat pada penurunan layanan.

Hal ini ditanggapi oleh MENKOMINFO layanan OTT gratis tidak diperbolehkan, Karena, sebagian besar operator masih merugi dan masih belum mendapatkan keuntungan dari investasi layanan data. Tetapi jika tidak ada OTT, maka akan digunakan untuk apakah layanan internet di negara ini ? Kondisi ini mengakibatkan situasi yang dilema di posisi operator, karena melakukan penggratisan layanan OTT dinilai sebagai kegiatan berpromosi yang paling efektif.

sumber : berbagai sumber lainnya.

Pos terkait