Tiga Operator Besar Indonesia Siap Dukung Balon Project Loon

  • Whatsapp
project-balon-loon-didukung-tiga-operator-besar-indonesia

#hotnews #telekomunikasi #xlaxiata #indosatooredoo #telkomselDi Indonesia, tiga operator besar siap dan akan manfaatkan frekuensi 900 MHz miliknya oleh balon Google project loon. Ketiganya operatot itu adalah Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata. Pemerintah memuluskan uji coba ini dengan menyiapkan sejumlah regulasi pendukung. Sebelumnya memang sudah ada pembicaraan antara sang pendiri Google dan Menkominfo terkait prihal project loon ini pada tahun 2015, saat ini project itu sedang berjalan pas awal tahun 2016.

Project Loon sejauh ini merupakan hal yang sangat besar bagi perkembangan telekomunikasi Indonesia, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. Sergey pendiri Google mengatakan, banyak pulau kecil di Indonesia yang layak mendapatkan akses Internet. Dan perlu kita tahu kerja sama untuk menerbangkan balon Google tersebut telah disepakati bersama Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata saat mengunjungi markas Google, akhir November 2015 lalu. Balon Google itu rencananya akan menyebarkan sinyal 4G lewat udara di spektrum 900 MHz.

Uji coba antara ketiga operator dan balon Google itu akan berlangsung setahun penuh sejak awal 2016. Ada lima titik yang akan jadi lokasi uji coba, antara lain di atas kepulauan Sumatera, Kalimantan, dan Papua Timur. Dalam catatan, Google sendiri mengkalkulasi, Indonesia membutuhkan sekitar 6.000 balon jika ingin seluruh area Nusantara kebagian sinyal dari atas balon udara. dan tidak semua balon uji coba sebanyak itu di terbangkan, nanti balon itu akan membuat ring dan terbang di wilayah Indonesia.

sekian.

sumber – Berbagai sumber lainnya.

Pos terkait