Perlukah RAM 6GB di Smartphone? Ini Jawabannya

  • Whatsapp
huawei-p10

#Huawei #RAM4GB #RAM6GB . Perkembangan teknologi di smartphone seolah taka da habisnya. Berbagai fitur dan teknologi terbaru selalu muncul dan mengalami peningkatan. Salah satunya kapasitas RAM-nya. Tak sedikit para vendor ponsel saat ini yang menawarkan kapasitas RAM besar dengan harapan kinjeranya ikut meningkat.

Namun, pandangan berbeda tentang kapasitas RAM smartphone diungkapkan oleh pejabat eksekutif Huawei, Lao Shi. Menurutnya, RAM 4GB sudah cukup untuk smartphone saat ini. Dengan kapasitas tersebut, smartphone sudah bisa menjalankan berbagai tugas multitasking dengan lancar.

Read More

Dikutip dari Gizmochina, beberapa waktu lalu, Lao Shi menyebutkan dalam akun jejaring sosila Weibo milikinya kalau RAM 6GB atau 8GB menjadi sesuatu yang percuma. Hanya menambah beban ongkos produksi saja. Hal itu berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan internal Huawei. Yah, Huawei sudah pernah menguji prosesor terbarunya Kirin 960 dengan RAM lebih dari 4GB. Hasilnya menunjukan kinerja ponsel dengan RAM4GB lebih cepat dari RAM 6GB.

Kata Lao Shi, rahasia kecepatan smartphone bukan dari kapasitas RAM-nya, melainkan dengan cara melakukan optimalisasi software. Ia juga mencontohkan Apple yang tak pernah memakai RAM berkapasitas besar, namun tetap memiliki kinerja yang handal. Misalnya iPhone 7 yang merupakan ponsel terbaru Apple hanya memakai RAM 2GB.

Tugas RAM sebenarnya hanya sebagai penyimpanan sementara dari program dan data yang diakses oleh pengguna ponsel itu sendiri. Jadi, untuk saat ini RAM 4GB sudah cukup. Tapi, kedepannya sudah barang tentu harus ditambah seiring perkembangannya.

 

Sumber : Gizmochina

 

Related posts