Alasan Mengapa Menutup Aplikasi Bikin Baterai Smartphone Boros

  • Whatsapp
Alasan Mengapa Menutup Aplikasi Bikin Baterai Smartphone Boros
Alasan Mengapa Menutup Aplikasi Bikin Baterai Smartphone Boros

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai smartphone. Biasanya, orang akan menutup aplikasi-aplikasi di belakang untuk menghemat baterai. Tapi, sebenarnya cara itu salah.

Muat Lebih

Menutup daftar aplikasi yang terbuka di belakang atau recent apps bukan menghemat, justru membuat baterai jadi boros. Biasanya pengguna menggunakan tombol recent apps untuk melihat ada aplikasi apa saja yang sedang berjalan di background, kemudian memilih opsi clear atau menutup semuanya.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Tetapi, menurut CNET, menghapus daftar aplikasi terbaru tidak akan menghemat masa pakai baterai, baik itu untuk smartphone Android maupun iPhone.

Memang terkadang ada banyak sekali aplikasi yang tersimpan dalam daftar recent apps. Sehingga pengguna beranggapan hal tersebut akan membuang-buang daya baterai dengan percuma atau membuat ponsel menjadi lambat.

Aplikasi di smartphone. Foto:© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Aplikasi di smartphone. Foto:

Nyatanya, baik dalam sistem Android maupun iOS, aplikasi-aplikasi ini berada dalam keadaan jeda atau istirahat dalam memori RAM. Jadi, prosesnya jadi lebih cepat ketika kamu ingin membukanya kembali.

Jika pengguna menutup masing-masing aplikasi atau membersihkannya dari memori, maka akan memaksa aplikasi untuk ulang dari awal saat membukanya kembali. pada aplikasinya, proses ini sebenarnya menghabiskan lebih banyak daya baterai.

Alih-alih menutup aplikasi, ada dua cara yang lebih baik untuk menghemat masa pakai baterai smartphone kamu. Apa saja? Yuk disimak caranya berikut ini.

1. Kurangi notifikasi

Ada baiknya kamu mengatur notifikasi aplikasi penting yang masuk, seperti aplikasi pesan, email, atau media sosial tertentu. Dan pastikan untuk mematikan notifikasi getar pada smartphone baik untuk aplikasi, panggilan, maupun pesan yang masuk. Cara ini diklaim ampuh untuk menghemat baterai.

2. Batasi penggunaan internet

Koneksi internet memang menjadi salah satu faktor terbesar yang membuat baterai boros, juga kuota. Sebaiknya kamu mengatur penggunaan internet, terutama ketika memakai koneksi dengan kartu seluler.

Ilustrasi bermain smartphone. Foto: REUTERS/Aly Song© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Ilustrasi bermain smartphone. Foto: REUTERS/Aly Song

Kesulitan sinyal saat berselancar di internet juga bisa menghabiskan daya baterai. Maka bijaklah menggunakan smartphone saat terkoneksi dengan internet.

Selain itu, membatasi notifikasi dan penggunaan data akan membantu kamu mengurangi waktu untuk mengaktifkan layar yang juga menjadi faktor terbesar dalam memakan banyak daya baterai.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait